Kelebihan dan Kekurangan Layar Amoled Terbaik | Perlu Tahu

Ketahui kelebihan dan kekurangan Layar AMOLED yang harus kamu perhatikan sebelum membeli alat elektronik baru, jangan sampai salah beli.

Kelebihan dan Kekurangan Layar Amoled Terbaik - Keuntungan dan kerugian dari teknologi layar AMOLED menunjukkan keterbatasan inovasi populer yang digunakan di smartphone dan perangkat lain

Layar AMOLED ini tidak hanya diaplikasikan pada layar ponsel saja, melainkan pada komputer, kamera digital,  smartwatch,  perangkat televisi dan juga pemutar media.

Munculnya layar AMOLED ini berasal dari perkembangan teknologi OLED ( organisme light emitting diode ).

Mari kita cari tahu kelebihan dan kekurangan dari layar AMOLED yang ada pada smartphone saat ini.

Rekomendasi Aplikasi Layar Amoled : Always On AMOLED

Kelebihan Layar AMOLED Untuk Hp

Kelebihan dan Kekurangan Hp Layar Amoled - Keuntungan dan kerugian dari teknologi layar AMOLED menunjukkan keterbatasan inovasi populer yang digunakan di smartphone dan perangkat lain  Layar AMOLED ini tidak hanya diaplikasikan pada layar ponsel saja, melainkan pada komputer, kamera digital,  smartwatch,  perangkat televisi dan juga pemutar media.
Kelebihan dan Kekurangan Layar Amoled


Penggunaan Daya Baterai Lebih Hemat

Konsumsi daya yang lebih rendah dan penggunaan energi yang lebih efisien dibandingkan dengan layar lainnya seperti LED dan LCD.

Efisiensi energi panel AMOLED portabel cocok untuk digunakan pada perangkat elektronik dan yang dioperasikan dengan baterai.

Efisiensi energi ini juga berarti bahwa definisi merupakan keunggulan lain dari AMOLED.

Ukuran Layar AMOLED Lebih Tipis

Layar AMOLED memiliki lapisan plastik yang sangat tipis dengan ukuran 200 kali lebih tipis dari rambut manusia.

Ketipisan ini juga berarti ringan dan fleksibel.

Untuk lebih spesifiknya, lapisan plastik organik AMOLED lebih tipis, lebih ringan, dan lebih fleksibel daripada lapisan kristal kaku pada layar LCD.

Menggunakan panel AMOLED memungkinkan produsen memproduksi perangkat yang lebih tipis.

Beberapa produsen telah memperkenalkan layar melengkung dan layar baru yang tidak hanya sangat tipis tetapi juga dapat digulung atau dilipat.

Rasio Kontras Tinggi

Kelebihan yang ketiga dari layar AMOLED memiliki rasio kontras yang lebih tinggi karena masing-masing dioda atau piksel bahan organiknya memancarkan cahaya dan menghasilkan warna.

Kualitas Keseluruhan Layar AMOLED

Teknologi layar terbaru ini memiliki kelebihan pada kecepetan  refresh  yang lebih baik daripada panel IPS konvensional.

Ini berarti bahwa gambar bergerak lebih lembut dan tidak terlalu membebani mata.

Sehingga gambar yang ditampilkan pada panel AMOLED lebih cerah dan lebih hidup daripada gambar yang ditampilkan pada panel IPS dan TN.

Kekurangan Layar AMOLED

Masa Pakai Lebih Pendek 

Bahan organik yang ditemukan di panel AMOLED memiliki umur yang lebih pendek daripada bahan yang ditemukan di LED dan LCD.

Perlu juga disebutkan bahwa piksel atau bahan organik khusus warna di panel memiliki masa pakai yang bervariasi.

Misalnya, bahan merah dan hijau memiliki umur yang lebih panjang dari bahan biru.

Kerentanan tinggi terhadap burn-in layar juga merupakan kelemahan panel utama AMOLED.

Karena piksel tertentu memudar lebih cepat daripada piksel lain, proses tersebut meninggalkan jejak permanen dari gambar statistik yang terlalu sering.

Piksel mati juga akan muncul seiring waktu.

Rekomendasi Aplikasi : Dead Pixel Test

Sewa Terhadap Air

Bahan organik pada dasarnya sangat rentan terhadap udara tidak seperti dioda di LED dan kristal anorganik ditemukan di LCD.

Menenggelamkan panel AMOLED dalam udara akan segera mengakibatkan kerusakan yang nyata seperti yang ditunjukkan oleh layar terbakar atau piksel mati.

Kerentanan ini membuat proses penyegelan menjadi pertimbangan penting dalam fabrikasi dan pembuatan panel AMOLED.

Visibilitas Luar Ruangan yang Buruk

Gambar dalam panel AMOLED sulit dilihat di bawah sinar matahari langsung dibandingkan dengan panel IPS.

Beberapa panel AMOLED hampir tidak terlihat dalam kondisi ini. Keterbatasan ini berasal dari berkurangnya kecerahan teknologi layar ini dan tidak adanya lampu latar.

Beberapa solusi telah diterapkan untuk mengatasi masalah ini.

Ini termasuk mengurangi ukuran celah antara lapisan di dalam panel untuk mengurangi reflektifitas atau penerapan lapisan pada layar untuk meningkatkan transparansi dan visibilitas.

Beberapa Masalah Kualitas Tampilan

Meskipun warna hitam pekat dan warna cerah, beberapa panel AMOLED dari produsen tertentu cenderung menghasilkan warna yang terlalu ekstrem dan kasar.

Ini berarti reproduksi dan representasi warna yang tidak akurat.

Kerugian ini berarti bahwa teknologi tampilan ini mungkin tidak cocok untuk pekerjaan kritis warna seperti Foto, desain grafis, dan Info Video.

Rekomendasi Artikel : Update Harga Xiaomi Redmi Note 10 Pro Spesial Ramadhan

Kesimpulan untuk Kelebihan dan Kekurangan Layar AMOLED

Dengan warna cerah, hitam pekat, dan sudut pandang lebar, pengalaman visual dengan panel AMOLED tidak ada bandingannya dengan teknologi tampilan lainnya.

Ini adalah keunggulan penting panel AMOLED yang digunakan sebagai pilihan tampilan populer di perangkat elektronik konsumen modern.

faktor bentuk yang inovatif juga merupakan keuntungan lain dari AMOLED.

Teknologi layar ini mendukung desain dan pengembangan layar elektronik yang tipis dan fleksibel.

Namun, umur yang relatif lebih pendek dari teknologi layar ini jika dibandingkan dengan teknologi IPS atau TN LCD merupakan batasan yang sangat penting.

Batasan ini secara kolektif mempengaruhi masa pakai perangkat elektronik konsumen yang menggunakan layar AMOLED.

Baca JugaSpesifikasi Xiaomi Redmi Note 10 Pro - Review dan Harga

Masa pakai yang pendek dan kelemahan AMOLED berikutnya seperti kerentanan terhadap perubahan warna dan layar yang mudah panas.

Perhatikan monitor komputer atau laptop sebagai contoh.

Gambar di komputer atau laptop biasanya statis. Gambar statistik semakin memperpendek umur piksel individu atau bahan organik khusus warna.

siklus hidup produk yang lebih pendek seperti smartphone dan tablet berpengaruh pada persaingan pasar game mengenai umur layar AMOLED yang pendek.

Mungkin, pada saat panel AMOLED mulai menunjukkan degradasi piksel yang meluas, pengguna sudah membeli dan memiliki perangkat yang lebih baru.

Posting Komentar

© Smartphone Androidepic.com. All rights reserved.